Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal Ilmiah Bagi Guru-Guru di Kabupaten Tuban
DOI:
https://doi.org/10.35309/dharma.v1i2.40Kata Kunci:
Writing scientific articles, Publications, Classroom Action ResearchAbstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan menulis karya ilmiah pada guru-guru. Tujuan kegiatan adalah meningkatkan kemampuan guru-guru dalam menyusun artikel ilmiah berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode kegiatan ini berupa pelatihan dan pendampingan kepada peserta. Pelatihan dilaksanakan dalam jaringan (daring) melalui aplikasi zoom, sedangkan pendampingan juga dilaksanakan daring melalui aplikasi Grup Telegram . Kegiatan ini dilaksanakan melaui 4 tahap,meliputi; tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pendampingan, dan tahap evaluasi. Instrumen untuk mengukur keberhasilan proses dan hasil pelatihan menggunakan angket dan lembar evaluasi. Berdasarkan data hasil pengabdian masyarakat dapat disimpulkan bahwa pengetahuan guru-guru tentang penulisan karya tulis ilmiah, publikasi karya ilmiah dan profesionalisme guru mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dari keberhasilan guru dalam mempublikasikan artikel ilmiah. Serta terjalin hubungan kerjasama yang efektif antara MGMP dan prodi pendidikan matematika FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.